Selasa, 10 April 2012

TOEFL


Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke kolese (college) atau universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.
Saat ini TOEFL tidak hanya menjadi persyaratan masuk ke universitas luar negeri, melainkan sudah berkembang  sebagai salah satu syarat sebagai untuk melamar kerja, terutama di perusahaan-perusahaan bonafit. Hal ini juga dikarenakan kita memasuki era perdagangan bebas.
Toefl terdiri dari 4 bagian, yaitu :
  •  listening comprehension,
  • grammar structure and written expression,
  • reading comprehension, dan bagian
  • writing.
Structure and written expression terdiri dari beberapa skill. Berikut penjelasan skill 1-5 :

1.    SKILL 1 : “SUBJECT AND VERB”
Kita semua tahu bahwa dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, harus ada minimal sebuah Subject dan sebuah Verb.

Problem yang biasanya muncul sehubungan dengan Subject dan Verb adalah:
1.    Subject atau Verbnya tidak ada.
2.    Subject dan Verbnya tidak ada, atau
3.    Extra Subject and Extra Verb.
CONTOH   :
Ø  The plane __________ landing at the airport in five minutes.
(A) it is
(B) it really is
(C) is descending
(D) will be

Analisa:
·         Kalimat diatas memiliki Subject The plane dan kata kerja landing. Tapi kata kerja landing belum lengkap (not complete verb) dan harus memiliki tobe is untuk menjadikan kata kerja itu kata kerja yang lengkap (complete verb).
·         Jawaban (A) it is dan (B) it really is salah karena akan ada double Subject it dan plane. Jawaban (C) is descending salah karena ada double subject descending dan landing.
·         Jawaban terbaik adalah (D) will be karena kalau will be di gabungkan dengan landing akan menjadi complete verb.

Ø  ______was ringing continuously for hours.

(A) Loudly
(B) In the morning
(C) The phone
(D) The bells

Analisa:
·         Kalimat di atas memiliki Verb yaitu was ringing, tapi tidak memiliki Subject.
·         Dari pilihan jawaban; (A) Loudly dan (B) In the morning salah karena keduanya adalah adverb. Jawaban (D) The bells juga salah karena bells adalah plural dan tidak sesuai dengan was ringing yang berbentuk singular verb. Jawaban terbaik adalah (C) The phone karena phone singular verb dan sesuai dengan singular verb was ringing.

SOAL LATIHAN :

Ø  The bus schedule has changed since last week. (C)

Analisa:
·         Kalimat diatas sudah memiliki Subject The bus dan juga memiliki Verb has changed
Ø  Accidentally dropped the glass on the floor. ( I )

Analisa:
·         Kalimat diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki verbs dropped.
·         Kalimat yang benar seharusnya adalah Accidentally she or he dropped the glass on the floor.

2.    SKILL 2 : OBJECT OF PREPOSITON
Object of a preposition adalah noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) yang terletak setelah preposition (kata depan), seperti in, at, of to, by, behind, dan on yang berfungsi membentuk sebuah prepositional phrase.

Contoh:
The trip (to the island) (on Saturday) will last (for three hours).

Analisa :
Kalimat diatas berisi tiga buah object of preposition; Island sebagai object of preposition dari to; Saturday sebagai object of preposition dari on dan three hours sebagai object of preposition dari for.

Pada Structure Section TOEFL Test, object of preposition bisa membingungkan karena banyak yang menduga bahwa object of preposition adalah subject dari kalimat tersebut.

Contoh:

  •  To Mike ____ was a big surprise.

         (A) really
         (B) the party
         (C) funny
         (D) when

       Analisa:
·         Dari kalimat diatas, harus dipahami bahwa Mike (noun) bukalah Subject tapi object of preposition dari To. 
·         Subject dari kalimat diatas tidak ada, sedangkan Verbnya adalah was.
·         Karena yang dibutuhkan adalah Subject, maka jawaban terbaik adalah (B), the party. Sedangkan (A), (C), dan (D) salah karena mereka bukanlah Subject.
Harus dingat bahwa:
Preposition diikuti oleh noun atau pronoun yang kemudian disebut object of preposition.
Jika sebuah kata adalah object of preposition, maka kata tersebut bukanlah sebuah Subject.


SOAL LATIHAN :

  • By the next meeting of the class need to turn in the papers.( I)

        Analisa:
·         the class bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari of.
·         Kalimat diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki verb yaitu need to turn.
·         Kalimat yang benar seharusnya By the next meeting of the class they need to turn in the paper.
  • The directions to the exercise on page 20 unclear.

Analisa:
·         page 20 bukanlah subject, tapi hanya object of preposition dari on.
·         Kalimat diatas memiliki Subject yaitu the directions, tapi tidak memiliki Verb.
·         Adapun kalimat yang benar adalah The directions to the exercise on page 20 are unclear.
  • Because of the heavy rain throughout the night, the walkways are muddy.

        Analisa:
·         Subjectnya adalah the walkways dan Verbnya adalah Are. Jadi kalimatnya sudah benar.
·         The heavy rain throughout the night hanyalah object of preposition dari because of.
  • During the week eat lunch in the school cafeteria.

       Analisa :
·         the week bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari during.
·         Kalimat diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki Verb yaitu eat.
·         Kalimat yang benar mungkin During the week, they eat lunch in the school canteen.
3.    SKILL 3 : PRESENT PARTICIPLE
Present Participle adalah Verb + ing.

Contohnya:  studying, driving, cooking
Penggunaan Present participle pada Structure section TOEFL test seringkali membingungkan karena fungsingya yang bisa sebagai part of a verb (bagian dari kata kerja) atau adjective (kata sifat).

1.    Sebagai bagian dari kata kerja (Part of a verb)

Present participle (verb+ing) akan berfungsi sebagai part of a verb jika digunakan bersamaan dengan tobe (am, is, are, was, and were).

Contoh:                 
The train is arriving at the station now.
  The students are talking in the classroom.

Analisa:
·         arriving adalah part of a verb karena ditemani oleh is (to be).
·         talking adalah part of a verb karena ditemani oleh are (to be)
2. Sebagai adjective (Kata Sifat)
Present participle (Verb + Ing) berfungsi sebagai adjective apabila tidak ditemani oleh to be (am, is, are, was and were).

Contoh:
The train arriving at the station now is an hour late.
The students talking in the class look very happy.

                   Analisa:
·         arriving is adjective karena tidak ditemani oleh be. Sedangkan, Subject kalimat diatas adalah train dan verbnya adalah is.
·         talking adalah adjective karena tidak ditemani oleh be. Subject dari kalimat diatas adalah students dan verbnya adalah look.

CONTOH
  • The film ____ appearing at the local theater is my favorite.

        (A) now
       (B) is
       (C) it
       (D) was

       Analisa:
·         appearing bukanlah part of a verb tapi adjective.
·         Subject nya adalah film dan verbnya adalah is.
·         Jawaban (B), (C) atau (D) salah karena  kalimat diatas sudah memiliki verb.
·         Jawaban terbaik adalah (A) now. 
  • The waitress bringing the steaming soup to the waiting diners. (I)

          Analisa:
·         Kalimat diatas salah karena bringing seharusnya is bringing dan berfungsi sebagai part of a verb bukan adjective.
·         Kalimat yang benar seharusnya adalah  The waitress is bringing the steaming soup to the waiting diners.
Ø  Most of the striking workers are walking the picket line. (C)

          Analisa:
·         Kalimat diatas benar karena striking berfungsi sebagai adjective dan walking sebagai part of a verb.
·         Subject dari kalimat diatas adalah workers.
  • For her birthday, the child is getting a talking doll. (C)

            Analisa:
·         Kalimat diatas sudah benar karena getting berfungsi sebagai part of a verb dan setelah ditambahkan is (tobe) menjadi complete verb.
·         Sedangkan Subject dari kalimat diatas adalah the child.
Ø  The setting sun creating a rainbow of colors in the sky. (I)

          Analisa:
·         Kalimat diatas salah karena creating harusnya is creating dan berfungsi sebagai part of a verb.
·         Kalimat yang benar seharusnya The setting sun is creating a rainbow of colors in the sky
  • The ship is sailing to Mexico is leaving tonight. (I)

          Analisa:
·         Kalimat diatas salah karena is sailing seharusnya sailing dan berfungsi sebagai adjective bukan part of a verb.
·         Kalimat yang benar seharusnya The ship sailing to Mexico is leaving tonight.
4.    SKILL 4 : PAST PARTICIPLE
Past participle adalah Verb III dari kata kerja.
Contoh: taught, studied, left, cooked

Penggunaan Past Participle pada Structure Questions seringkali membingungkan karena neniliki dua fungsi, yaitu part of a verb (bagian dari kata kerja) dan adjective (kata sifat).

1. Sebagai part of a verb

Past participle akan berfungsi sebagai part of a verb (bagian dari kata kerja) apabila ditemani oleh have, has, had and be (am, is, are, was, were).

Contoh:
·         The mailman has left a letter in the mailbox. (Left is part of a verb)
·         The classes were taught by Professor Smith. (Taught is part of a verb)
                   Analisa:
·         Pada kalimat pertama, left adalah bagian dari kata kerja karena ditemani oleh has.
·         Pada kalimat kedua, taught adalah bagian kari kata kerja karena ditemani oleh be (were)
2. Sebagai adjective

 Past Participle berfungsi sebagai kata sifat (adjective) apabila tidak ditemani dengan have, has, had atau be (am, is, are, dan were).

Contoh:
·         The letter left in the mailbox was for me. (Left is ADJECTIVE)
·         The classes taught by Professor Smith were very interesting. (Taught is ADJECTIVE)
Analisa:
·         left adalah adjective karena tidak ditemani oleh has/have or to be. Sedangkan Subject dari kalimat pertama adalah The letter dan Verb nya adalah was.
·         taught adalah adjective karena tidak ditemani oleh has/have atau to be. Sedangkan Subject dan verb dari kalimat kedua adalah The classes dan were.
Contoh
§  The bread _____ baked this morning smelled delicious.

(A) has
(B) was
(C) it
(D) just

Analisa:
·         baked bukanlan part of a verb, tapi adjective. Verb dari kalimat diatas adalah smelled dan Subject nya adalah The bread.
·         Jawaban (A) dan (B) salah karena baked adjective dan tidak membutuhkan helping verb.
·         Jawaban (C) salah karena kalimat diatas sudah memiliki Subject.
·         Jawaban terbaik adalah just.
5.    SKILL 5 : COORDINATE CONNECTOR
Coordinate Connector adalah AND, BUT, OR, or SO. 

Banyak kalimat dalam Bahasa Inggris yang terdiri dari dua klausa ( Klausa adalah kelompok kata yang paling sedikit terdiri dari satu Subject dan satu Verb (Predikat). 

Ketika ada dua kalimat dalam Bahasa Inggris, kita harus menggabungkannya dengan benar. Saalahs atu cara untuk menggabungkan dua buah kalusa adalah dengan menggunakan AND, BUT, OR, or SO.

Contoh:
1.    The sun was shining and the sky was blue.
2.    The sky was blue, but it was very cold.
3.    It may rain tonight, or it may be clear.
4.    It was raining outside, so I took my umbrella.
Analisa:
·         Keempat kalimat diatas terdiri dari dua klausa dan semuanya di hubungkan dengan sebuah Coordinate Coonector dan sebuah tanda koma (,).
Contoh berikut ini akan menunjukan bagaimana Coordinate Connector di Tes di Structure Questions pada TOEFL Test.

Contoh:

I forgot my coat, ____ I got very cold.

(A) then
(B) so
(C) later
(D) as a result

Analisa:
·         Kalimat diatas memiliki dua  buah klausa:  I forgot my coat dan I got very cold. Untuk menghubungkannya, kita harus menggunakan sebuah Coonector. Kata Then (A), later (C), dan as a result (D) bukanlah Connector. Jadi jawaban terbaik adalah (B) karena so bisa menghubungkan kedua klausa tersebut dengan benar.
SUMBER :
http://www.belajartoefl.net