Sabtu, 17 Desember 2011

Apa yang paling penting?? Keinginan atau kebutuhan??


           Sering sekali kita mendengar kata keinginan dan kebutuhan. Namun terkadang beberapa orang menganggap keinginan dan kebutuhan itu sama. Kebutuhan itu hal yang paling penting untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Berbeda dangan keinginan, keinginan hanyalah hal yang dapat meuaskan hasrat yang ada dalm diri kita jika kita mendapatkannya.
            Biasanya kita kesulitan untuk mengontrol keuangan dalam diri kita. Jika seseorang baru mendapatkan uang biasanya banyak hal yang ingin dibeli, sehingga kita tidak dapat menyisihkan uang kita. Bahkan terkadang uang gaji seorang karyawan/karyawati telah habis terlebih dahulu sebelum satu bulan.karena keinginan yang banyak.
            Untuk itu pengendalian diri sangatlah di perlukan. Saya akan berbagi tips untuk mengontrol keuangan kita :
1.        Jika kita baru mendapatkan uang. Kita harus sisihkan sebagian untuk memenuhi kebutuhan yang nominalnya sudah pasti setiap bulannya. Seperti listrik, telepon dll.
2.      Sisa uangnya kemudian di sisihkan kembali untuk kebutuhan setiap harinya dan untuk di tabung. Untuk kebutuhan kali ini kita harus memperkirakan berapa uang yang dibutuhkan. Misalnya dalam ibu rumah tangga, perkirakan berapa uang yang akan digunakan untuk belanja setiap harinya. Jika karyawan kost, untuk membeli makanan dan ongkos kerja.
3.      Untuk kebutuhan diatas harus di sisakan kembali sekitar 10-30% atau lebih banyak lebih baik untuk menabung.
4.      Kendalikan diri kita agar tidak membeli hal yang tidak begitu di butuhkan.
Sekian tips dari saya selamat mencoba ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar