Selasa, 02 November 2010

Cara koperasi untuk menghadapi globalisasi ekonomi:

Bangsa Indonesia tengah di uji dengan berbagai masalah, baik masalah mencana alam maupun tindakan pidana atau perdata.bahkan hingga system ekonomi di Indonesia yang menjadi masalah. Apalagi ketika bangsa ini tengah dihadapi dengan masalah krisis ekonomi pada tahun 1988, dimana masyarakat sangat sulit untuk mendapatkan kebutuhan yang di gunakan dalam menjalankan hidup mereka,dengan harga-harga yang melambung tinggi secara drastis. Membuat masyarakat kuwalahan dibuatnya. Masalah seakan-akan datang bertubi-tubi. Masalah gobalisasi ekonomi juga membuat para pemerintah dan rakyat pusing, karena koperasi Indonesia harus dapat menghadapi globalisasi ekonomi.

Arti Globalisasi perekonomian itu sendiri merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa.

Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat. Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, sebaliknya juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik.

Karena itu kita harus mengikuti perkembangan globalisasi sehingga perlu diadakan kajian-kajian ulang agar dapat memperkuat koperasi Indonesia.karena tidak dapat dihindari bahwa koperasi Indonesia masih terbilang sangat lemah karena tidak mendapat dukungan. Krisis ekonomi global sangat berdampak bagi perekonomian nasional, pada sector-sektor usaha kecil dan menengah mengalami penurunan ekspor karena glogalisasi.

Jadi globalisasi harus diwaspadai, jika tidak akan membawa dampak buruk bagi kita. Karena dalam globalisasi mekanisme pasar digunakan sebagai alat mendistribusikan sumber daya ekonomi yang efisien kepada masyarakat agar dapat mencapai kemakmuran yang tinggi.tapi yang sangat menyedihkan Indonesia memiliki tatanan ekonomi yang semakin jauh dari kata adil. System kapitalisme mulai menampakan dirinya di Indonesia seperti perusahaan yang mengusik keberadaan masyaraka kelas bawah. Dan yang lebih mengejutkan lagi, para pengusahaa ini mendapat perlindungan dari pemerintah, jadi tidak heran jika semakin banyak orang miskin yang semakin miskin. Di karenakan banyak pengusaha yang mencari laba yang sebesar-besarnya.

Keberadaan koperasi yang kuat dan berkembang akan menjadi sosok guru bagi para masyarakat kelas menengah sampai kebawah. Koperasi dapat memberikan peranan atau pengaruh sangt besar untuk pembengunan perekonomian bangsa Indonesia.seiring perkembangan globalisasi yang semakin pesat, koperasi yang mwmang sebuah organisasi yang berdasarkan orang dan kekeluargaan tertantang agar mampu menghadapi dan menyaingi globalisasi tetapi tetap dengan dasar dan tujuan yang sejak awal dibangunnya koperasi yaitu mempertahankan nilai-nilai koperasi dan mensejahterakaan rakyat kecil.

Cara-cara koperasi menghadapi globalisasi ekonomi, yaitu:
• Membenahi aspek kelembagaan.
• Kemudian melakukan strategi integrasi ke luar dan ke dalam
• Meningkatkan efisiensi dalam proses produksi dan distribusi.
• Merestrukturisasi hambatan internal dengan mengikis segala konflik yang ada.
• Melihat peluang-peluang yang dapat kita manfaatkan untuk memajukan koperasi ditahap yang lebih tinggi lagi yakni dalam tahap internasional.
• Kemudian mengembangkan atau menjalani peluang tersebut dengan cara yang sudah tersusun rapi dengan proses dan cara yang baik juga.
• Dengan melihat banyaknya pesaing dalam pasar global, itu menjadi pemacu kita untuk bisa lebih berkembang lagi.
• Menjalankan susunan rencana dengan baik dan benar, agar cita-cita koperasi Indonesia dapat menghadapi pasar global dapat terwujud.
• Bekerjasama dengan Pemerintah dan masyarakat khususnya anggota koperasi, agar kita dapat maju bersama-sama.

Pasar global ternyata memunculkan sisi positif dan negatif bagi negara yang ikut serta dalam persaingan pasar global tersebut.

Sisi positifnya antara lain :
1. Produksi global dapat ditingkatkan
2.Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu Negara
3.Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri
4.Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik
5.Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi

Sisi negative, yaitu:
1.Menghambat pertumbuhan sektor industry
2.Memperburuk neraca pembayaran
3.Sektor keuangan semakin tidak stabil
4.memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang

Sumber:
http://kennysiikebby.wordpress.com
http://mayantidwi.wordpress.com
http://id.wikipedia.org
http://alwiiniiaa.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar