Selasa, 02 November 2010

Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik

Belajar adalah suatu hal yang sangat penting bagi semua manusia. Bahkan dari kita baru dilahirkan di bumi kita sudah melakukan kegiatan belajar. Apalagi jika seseorang akan masuk sekolah atau kuliah. pastinya untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kita,dapat di ukur dengan test-test. Belajar seharusnya di kerjakan dengan cara yang baik agar mendapatkan hasil yang baik juga, bukan dengan cara yang terburu-buru.

Tips dan triks yang baik untuk mengadapi ujian agar mendapatkan hasil yang memuaskan, yaitu:

1. berdoa dan niat untuk belajar

Sesuatu yang di mulai dengan doa pasti akan berjalan dengan baik.

1. Belajar Kelompok
Dengan belajar secara kelompok biasanya akan menambah spirit kita untuk belajar, karena belajar tidak akan jadi membosankan. Kita dapat membahas soal-soal atau berdiskusi dengan teman sekelompok kita.

2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
mencatat agalah suatu cara meningat dengan baik. Karena pada saat kita mencatat memory otak kita akan merekamnya, apalagi mencatat dengan tinta warna-warni. Itu akan sangat membantu kerja otak kiri kita untuk mengingat. Catat pada bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada

3. Membuat Perencanaan Yang Baik
Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan.

4. Disiplin Dalam Belajar
Kita harus disiplin dalam belajar. Jangan ketika akan ulangan baru kita belajar. System belajar tersebut sangat terburu-buru dan hasilnya pasti akan kurang memuaskan. Biasakan setelah pulang sekolah anda membaca catatn yang telah diberikan di sekolah. Agar kita mengingatnya dengan baik apa yang di ajarkan oleh guru atau dosen. Buatlah skedul aktivitas anda sehari-hari. Agar ketika waktu belajar dating. Pikiran anda akan berkonsentrasi pada pelajaran. Untuk hasil yang lebih baik lagi belajar pada waktu dini hari. Karena gelombang gama yang ada dalam tubuh anda bekerja.tapi jangan dilakukan ketika anda sedang bersekolah pada esok hari dan sebelumnya anda harus tidur terlebih dahulu(bagi yang muslim lakukan setelah shalat tahajud).

5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman. Selain itu

6. Belajar Dengan Serius dan Tekun
Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti. Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.

7. Hindari Belajar Berlebihan
Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuat contekan. Itu tidak akan baik untuk kesehatan.Jangan memaksakan diri anda jika sudah tidak mampu untuk belajar. Karena akan sia-sia jika terlalu dipaksakan pelajan yang kita pelajari sebelumnya tidak akan kita ingat.

8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian
Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Anggaplah dengan nyontek pasti akan ketahuan guru dan memiliki masa depan sebagai penjahat apabila kita melakukan kecurangan.dan tidak hanya itu. Jika kita menyontek tapi jawabannya berbeda dengan kita, itu akan menimbulkan hilangnya kepercayaan diri terhadap kemampuaan kita. Jadi kita harus tuliskan dalam diri kita bahwa kita BISA!

Dan tidak lupa untuk membaca doa seletah belajar dan mengucap syukur terhadap tuhan yang maha esa.

http://organisasi.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar