Sabtu, 12 November 2011

Fotokopi ramah lingkungan.


Pasti kita sering mendengar kata “fotokopi”. ya benar sekali, fotokopi adalah suatu alat yang digunakan untuk memperbanyak naskah menjadi beberapa lembar menggukan kertas HVS ataupun kertas plastik (biasa disebut dengan transparasi). Biasanya kita memfotokopi suatu naskah dengan satu kertas HVS hanya pada satu sisi kertas dengan alasan untuk mempercepat waktu. Karena jika kita memfotokopi dengan dua sisi halaman  kita memerlukan ekstra waktu.
Pernahkah kalian memikirkan bagaimana dan dengan apa kertas itu dibuat. Kertas terbuat dari pohon. Bayangkan berapa banyak kertas yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan berapa banyak pula pohon yang di tumbangkan demi membuat kertas-kertas tersebut.
Tetapi ternyata teknologi yang semakin canggih dapat menjawab ke khawatiran kita. Sekarang telah ditemukan mesin fotokopi buatan Negara jepang. Mesin ini dapat mendaur ulang kertas yang sudah tidak terpakai. Mesin ini dapat menghapus tinta pada kertas yang tidak terpakai lagi. Sehingga kertas tersebut dapat digunakan berkali-kali. Semoga mesin fotokopi ini juga akan diterapkan di Negara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar