Selasa, 17 Mei 2011

Belimbing wuluh si hijau kecil nan kaya khasiat

Belimbing wuluh atau juga yang terkenal dengan nama belimbing sayur, karena rasanya yang asam dan sering digunakan sebagai bumbu masakan. ternyata sikecil ini memiliki khasiat yang banyak. salah satunya untuk obat darah tinggi , gusi berdarah, mengurangi jerawat, obat kompres untuk penderita gondongan, obat batuk, pegal linu bahkan kadar gula darah dalam darah penderita diabetespun dapat di atasi.
Berikut adalah beberapa ramuan herbal belimbing wuluh sebagai obat  :
  • Sebagai obat  Darah Tinggi :  I. Ambil 3 buah belimbing wuluh ukuran sedang, cuci bersih dan potong-potong, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 1 gelas, dinginkan dan saring. Minum 1 x sehari setelah sarapan pagi. II. Ambillah belimbing wuluh, cuci, parut lalu peras dan minum airnya.
Catatan: Penderita hipertensi yang air kencingnya mengandung kristal oksalat disarankan tidak menggunakan resep ini karena bahannya mengandung asam oksalat. Penderita hipertensi dengan gangguan lambung seperti maag juga tidak dianjurkan menggunakan resep ini karena rasanya yang asam. Anda dapat menganti belimbing wuluh dengan belimbing manis.
  • Sebagai obat gusi Berdarah :  Konsumsi buah belimbing wuluh segar ataupun bisa juga dibuat manisan. Lakukan secara rutin setiap hari.
  • Sebagai obat pengurang Jerawat :  Ambil 3 buah belimbing wuluh, cuci, lalu parut dan tambah sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang kena jerawat. Lakukan 2 x sehari.

  • Sebagai obat Kompres Sakit Gondongan :  Ambil  1/2 genggam daun belimbing dan 3 siung bawang putih , tumbuk, kemudian kompreskan pada bagian yang gondongan.

  • Sebagai obat Batuk :  Ambil 1 genggam daun belimbing wuluh, 1 genggam bunganya, 2 buah belimbing wuluh, gula batu, rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal setengah, saring. Minum 2 x sehari.

  • Sebagi obat diabetes :  Ambil 6 buah belimbing wuluh dan lumatkan belimbing tersebut, kemudian rebus dengan 1 gelas air hingga airnya tinggal 1/2 nya. Saring. Minum 2 x sehari.

  • Sebagi obat pegal Linu :  Ambil 1 genggam daun belimbing yang masih muda, 10 biji cengkeh, 15 biji lada, dan cuka secukupnya. Lumatkan semua bahan dengan cuka hingga rata. Borehkan pada tempat yang sakit.
Sumber            :
http://baitulherbal.com/tanaman-herbal/tanaman-herbal-belimbing-wuluh/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar