Selasa, 17 Mei 2011

Tempe Dipatenkan oleh jepang??? Terus sekarang apa yang di miliki indonesia??



Setelah reog, tari pendet, lagu “Rasa Sayange”  dan beberapa warisan kesenian milik indonesia diklaim oleh negara lain. Sekarang indonesia harus mendengar kembali isu bahwa produk makanan asli indonesia dipatenkan oleh jepang. Tentu semua warga negara indonesia terkejut mendengar isu tersebut.
Seorang pengusaha Tempe di Jepang yang berasal dari Indonesia (orang  jawa tengah. Indonesia Asli). Namanya adalah  Rustono (41 tahun) pria yang sudah 13 tahun menetap di Jepang. Saat Rustono ditanya soal hak paten  Tempe yang pernah jadi pergunjingan di negara kita bahwa tempe diklaim Jepang, Rustono menjelaskan, ”Ah, itu kesalahpahaman. Bagaimana kita mematenkan tempe yang semua orang sampai di Amerika pun tahu tempe adalah makanan asli Indonesia. Apakah Jepang juga akan mematenkan sashimi atau sushi? Mereka hanya mematenkan olahan burgernya, bukan tempenya.
Sumber            :
Sudah terlalu banyak warisan negara indonesia yang diklaim. Indonesia masih lemah dalam menjaga warisan tersebut. Indonesia tidak cepat tanggap akan masalah sebelum-sebelumnya. Seperti reog dan lainnya. Kenapa ketika masalah negara lain mengklaim yang harusnya milik indonesia baru bertindak?seharusnnya pemerintah telah berjaga-jaga agar hal ini tidak terjadi lagi. Kita harus mendaftarkan semua warisan nenek moyang kita sebelumnya. Sehingga tidak adalagi harta yang seharusnya milik kita di ambil oleh negara lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar