Selasa, 17 Mei 2011

Lagu "Rasa Sayange" asal Maluku telah di klaim


Banyak pelanggaran Haki yang terjadi di Indonesia. Dapat dalam bentuk film, merk, kesenian bahkan dalam bentuk lagu. Indonesia termasuk korbannya. lagu tradisional Indonesia telah diklaim oleh negara tetangga kita, yaitu Malaysia. Lagu tradisional “Rasa Sayange” yang berasal dari dearah Maluku telah di akui Malaysia. Lagu "Rasa Sayange" asal Maluku ini dijadikan jingle kampanye pariwisata Malaysia yang bertajuk Truly Asia, sehingga akhirnya menuai protes dari para seniman dan Pemerintah Indonesia.
Jika Indonesia memiliki bukti yang kuat menyangkut hak cipta lagu "Rasa Sayange" yang diklaim oleh Malaysia, kasusnya bisa saja dibawa ke Mahkamah Internasional (MI). Dengan diajukankannya kasus tersebut ke MI, nantinya dapat diketahui dengan jelas siapa pemilik hak cipta yang sebenarnya mengenai lagu yang diperdebatkan oleh kedua negara bertetangga itu
Tentu Pemerintah Indonesia akan lebih dahulu harus mempersiapkan bukti-bukti yang kuat menyangkut lagu tersebut, misalnya siapa nama penciptanya, siapa nama penyanyi, serta saksi-saksi yang masih hidup yang mengetahui secara jelas tentang pembuatan lagu itu. Apalagi, katanya, pihak Pemerintah Malaysia berani mengklaim atau mengakui bahwa lagu tersebut sebagai milik negara mereka, tentu mereka pun memiliki dasar dan bukti yang kuat pula, serta dapat mempertanggungjawabkannya secara hukum.
Sumber :
Antara News   Lagu 'Rasa Sayange' Bisa Dibawa ke Mahkamah Internasional.htm
Pendapat saya, Indonesia harus lebih mengenalkan keragaman kesenian tradisional Indonesia baik dalam bentuk tarian, lagu bahkan alat music ke muka internasional. Indonesia harus mendaftar segala kekayaan yang kita miliki ke UNESCO agar ridak dapat di klaim oleh Negara lain.
Dengan adanya peristiwa ini, kita dapat mengambil pelajaran bahwa keanekaragaman suku yang di miliki Indonesia sangat berharga. Sehingga kita harus melestarikannya agar tetap dapat dinikmati oleh seluruh dunia.tentunya dengan membawa nama Indonesia ke mata dunia dan jangan sampai diklaim lagi seperti lagu tersebut.
Kita harus saling membantu untuk melestarikan ketradisionalan yang Indonesia miliki, dengan cara mengenalkannya kepada generasi muda agar tetap terjaga. Mari kita mencari bukti yang lebih kuat. Jangan biarkan lagu trdisional kita diambil begitu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar